Kamis, 11 Oktober 2012

Istikharah

.........................

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon petunjuk yang baik dengan pengetahuan-Mu. 
Aku memohon agar diberi kekuatan dengan kekuatan-Mu. 
Aku memohon kemurahan yang sangat luas, 
karena sesungguhnya Engkau berkuasa, sedangkan aku tidak. 
Engkau Maha Mengetahui, sedang aku tidak, 
dan Engkau Maha Mengetahui segala yang ghaib. 

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku, bagi agama, 
bagi kehidupanku saat ini dan masa depan, 
maka mudahkanlah ia bagiku. 
Kemudian berkahilah ia bagiku. 

Sedang apabila Engkau mengetahui bahwa perkara itu buruk bagiku, bagi agama, 
bagi kehidupanku saat ini dan masa depanku, 
maka jauhkanlah ia dariku, atau jauhkanlah aku darinya. 
Berikanlah kepadaku kebaikan di manapun adanya, 
dan jadikanlah aku orang yang ridho dengan pemberian-Mu itu.."

(HR.Al-Bukhari)

................................

Disunnahkan bagi wanita Muslimah yang ingin menentukan pilihan terhadap sesuatu (yang terbaik) untuk mengerjakan sholat sunnah dua roka'at, selain yang diwajibkan, baik itu sholat sunnah rawatib maupun tahiyyatul masjid, pada siang atau malam hari. Setelah membaca Al-Fatihah, dibolehkan baginya membaca surat apa saja yang dikehendakinya. Kemudian bertahmid dan bershalawat kepada Nabi SAW.

Diriwayatkan dari Jabir, dia bercerita ; bahwa Rasulullah SAW mengajarkan shalat sunnah istikharah (meminta petunjuk) kepada kami dalam segala hal. Sebagaimana beliau mengajarkan kepada kami sebuah surat dari Al-Qur'an, seraya berkata : Apabila salah seorang di antara kalian menghendaki sesuatu hal, maka hendaklah ia mengerjakan sholat dua roka'at, selain sholat fardhu. Kemudian hendaklah ia berdoa : (doa sebagaimana yang telah saya tulis di atas uraian ini).


sumber : Fiqih Wanita (Syaikh Kamil Muhammad Uwaidah) hal 190-191

1 komentar: