Selasa, 02 Oktober 2012

Tugas Metodologi Penelitian



Sumber Penelitian :

1.      Penelitian Diri Sendiri
Topik :
“Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Daun Brotowali (Tinospora tuberculata Beumee) dengan Metode DPPH”

Latar Belakang :
Salah satu tumbuhan asli Indonesia yang dapat berfungsi sebagai obat tradisional adalah brotowali (Tinospora tuberculata Beumee) yang memiliki rasa pahit. Diperkirakan tumbuhan ini mempunyai prospek yang baik sebagai antikanker. Kandungan senyawa alkaloid yang terdapat di dalam tumbuhan brotowali (Tinospora tuberculata Beumee) diperkirakan menjadi penyebab ampuhnya tumbuhan ini untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker (Suratmo, 2009).  
Antikanker tentu sangat erat kaitannya dengan radikal bebas, karena adanya radikal bebas dalam tubuh dapat menjadi salah satu penyebab penyakit kanker. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, antioksidan dapat mencegah penyakit-penyakit yang dihubungkan dengan radikal bebas seperti karsinogenesis (Rohman dan Sugeng, 2005). 
Karena manfaatnya yang besar inilah, maka dilakukan penelitian untuk mengetahui potensi antioksidan ekstrak daun brotowali (Tinospora tuberculata Beumee) dengan menggunakan metode DPPH.

Daftar Pustaka :
Rohman A dan Sugeng R. 2005.Daya Antioksidan Ekstrak Etanol Daun Kemuning (Murraya paniculata (L) Jack) Secara In Vitro. Majalah Farmasi Indonesia, 16 (3). Hlm 136 – 140.

Suratmo, 2009, Potensi Ekstrak Daun Sirih Merah (Piper crocatum) Sebagai Antioksida. Diakses pada 13 Februari 2010 di Samarinda.


2.      Penelitian Orang Lain
Topik :
“Isolasi Senyawa Antimikroba dari Fraksi n-Heksan Ekstrak Etanol Daun Sirih Hitam (Piper sp)”

Latar Belakang :
Sirih hitam merupakan salah satu spesies dari tanaman sirih yang banyak terdapat di Indonesia. Spesies lainnya dari tanaman ini, yaitu sirih merah, sering digunakan masyarakat Indonesia untuk berbagai pengobatan, salah satunya adalah untuk penyakit mulut seperti gingivitis dan karies gigi yang disebabkan oleh bakteri (Manson, 1993).
Berbagai teori mengatakan bahwa tumbuhan yang berasal dari spesies yang sama kemungkinan juga memiliki kandungan metabolit yang sama. Melalui informasi tersebut dan setelah dilakukan penapisan fitokimia, daun sirih hitam terbukti mengandung senyawa alkaloid, karatenoid, senyawa fenolik, flavanoid, saponin, tanin, steroid, dan triterpenoid. Kemudian setelah dilakukan uji aktivitas antimikroba, fraksi n-heksan dari ekstrak etanol daun sirih hitam terbukti mempunyai kemampuan dalam menghambat pertumbuhan mikroba uji Streptococcus mutans, Staphylococcus aureus, Candida albicans dan Candida utilis. Oleh sebab itu akan dilakukan uji lanjutan berupa isolasi senyawa antimikroba dari fraksi n-heksan ekstrak etanol daun sirih hitam (Piper sp).

Daftar Pustaka :
Manson, J.D & B.M. Eley. 1993. Buku Ajar Periodonti. Alih Bahasa Anastasia S. Hipokrates: Jakarta.



3.      Permasalahan di Lapangan
Topik :
“Analisis Kandungan Bakteri Burkholderia anthina Pada Pasta Gigi”

Latar Belakang :
Berkenaan dengan penarikan produk Oral-B Tooth and Gum Care Mouth Rinse dari peredaran di beberapa negara akibat adanya kontaminasi mikroba Burkholderia anthina yang dapat menyebabkan penurunan fungsi paru-paru apabila tidak ditangani dengan tepat, sebagai langkah antisipasi dan tindakan kehati-hatian Badan POM RI telah melakukan sampling dan pengujian laboratorium terhadap produk Oral-B Tooth and Gum Care Mouth Rinse dan disamping itu kepada PT. Procter & Gamble Indonesia selaku pihak pemilik produk Oral-B Tooth and Gum Care Mouth Rinse di Indonesia untuk melakukan penarikan secara sukarela terhadap keseluruhan bets yang masuk dan beredar di Indonesia. Untuk itu Balai Besar/Balai POM seluruh Indonesia telah diinstruksikan memantau pelaksanaan penarikan produk Oral-B Tooth and Gum Care Mouth Rinse oleh industri yang bersangkutan (Biro Hukum dan Humas BPOM RI, 2011).
Burkholderia anthina adalah anggota Burkholderia cepacia complex (B. cepacia complex). Bakteri ini termasuk kelompok bakteri gram negatif dan berada di berbagai lingkungan berbeda. Burkholderia anthina adalah patogen yang bertanggung jawab untuk fiksasi nitrogen. Sebuah penelitian menyebutkan, Burkholderia cepacia menyebabkan fibrosis dan menjadi ancaman di berbagai rumah sakit di Amerika Serikat. Sebab, B. cepacia secara inheren tahan terhadap antibiotik ganda, baik antibiotik alami maupun buatan (Krisnamurti, 2011).
Akibat kasus yang terjadi ini, maka akan dilakukan penelitian analisis kandungan bakteri Burkholderia anthina dalam beberapa sediaan pasta gigi yang beredar di Indonesia.

Daftar Pustaka :
Biro Hukum dan Humas BPOM RI. 2011. Siaran Pers Penjelasan Terhadap Penarikan Produk Oral-B Tooth And Gum Care Mouth Rinse. www.pom.go.id

Krisnamurti. 2011. Awas, Burkholderia Anthina Serang Imunitas tubuh. www.inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar