Selasa, 02 Oktober 2012

Hidup Positif Tanpa Sedih & Frustasi

 Tips agar hidup senantiasa positif :

1. Ketika masalah datang, ingatlah bahwa semua itu datang karena dosa-dosa kita. Begitulah cara Allah menasehati dan membuat kita kembali ingat kepada-Nya. Allah memberikan ujian untuk membuat kita semakin dekat kepada-Nya, dan meluruskan kembali jalan hidup kita yang (mungkin) pada saat itu sedang melenceng dari jalan yang diridhoi Allah. Ini saatnya kembali mendekatkan diri kepada Sang Maha Segala.

2. Setelah menyadari dosa-dosa (instropeksi), segera bertaubat kepada-Nya. Utamakan ibadah, terutama ibadah-ibadah wajib, jalani dengan maksimal, lengkapi dengan ibadah-ibadah sunnah. Jalani dengan konsisten.

3. Senantiasa berprasangka baik kepada Allah atas apa yang menimpa diri kita. Percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi ada hikmah untuk kita. Jauhkan diri dari berprasangka buruk kepada Allah. Ciri orang yang selalu berprasangka buruk kepada Allah adalah sering menyesali apa-apa yang telah terjadi, dan sering "ngambek" atas ketentuan Allah kepadanya. Jalani saja, ridho saja dengan segala ketentuan Allah, pasti yang terbaik akan kita dapatkan. Jika kita ingin Allah ridho kepada kita, maka seharusnya kita dulu-lah yang ridho atas segala pemberiannya kepada kita.

4. Jika setiap masalah membuat kita tak mampu berbuat apapun lagi dalam menghadapinya, maka biarkan Allah "masuk" untuk membantu penyelesaian masalah kita. Kembalikan semua kepada Allah.. Tawakal..


Tanya :

"Kenapa ya sering kali mereka-mereka yang jarang ibadah, jauh dari agama, dekat dengan maksiat, justru hidupnya baik-baik aja, keliatan bahagia gitu g' ada masalah.. Sementara kita kadang berpikir, kenapa sih kita yang harus menanggung masalah ini?"

Jawab :

"Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kamipun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa."
(QS. Al-An'am : 44)

............................................................................



Bandung, 02 Oktober 2012 ; 16.30-17.30 WIB


Rendy Saputra
"Ngaji Bareng PKS" 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar