Rabu, 19 September 2012

Mencit, P.O, dan Dosen Saya ^.^

Pengembangan Obat adalah satu dari sekian banyak mata kuliah favorit saya di Farmasi..
alasannya akan saya bahas nanti di chapter selanjutnya (emm..ada g' ya ntar? hihi..)

yang ingin saya ceritakan kali ini adalah tentang pertemuan pekan lalu,
yang sangat menarik bagi saya.
materinya adalah tentang kajian keamanan obat,

emm..
tapi saya sedang tidak ingin membahas materi kuliahnya.

hanya teringat ucapan dosen saya saja yang kebetulan seorang non-muslim,
begini kira-kira ucapan beliau :

"tikus dan mencit itu makhluk yang istimewa yang diciptakan oleh Tuhan. Struktur tubuhnya mirip dengan manusia, sehingga bisa kita manfaatkan dalam pengujian obat. kalau sudah aman di tikus / mencit tadi, baru kemudian kita lakukan pengujian obat langsung ke manusia. bayangkan kalau Tuhan g' menciptakan 2 hewan sederhana itu? bayangkan kalau struktur sel kita lebih mirip ke sapi / kambing, waah..butuh super banyak sapi / kambing hanya untuk sekali uji efektifitas obat saja, belum lagi repot untuk tempat dan pemeliharaannya. Atau mungkin lebih parah lagi, pengujian obat bisa-bisa langsung ke manusia tanpa melalui hewan coba..
Jadi mungkin, inilah hikmah diciptakannya 2 hewan tadi oleh Tuhan."

hmm.. subhanallah..
hikmah bisa kita dapatkan dimana saja,
bahkan dari ucapan seorang non-muslim ^.^ 


Bandung, 19 September 2012 ; 23.05 WIB


LIA PUSPITASARI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar