Jumat, 03 Februari 2012

Kata Pengantar dan Ucapan Terima Kasih (Skripsi)


Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Bismillahirrahmanirrahim. Segala puji bagi Allah SWT Rabb semesta alam, berkat rahmat dan kasih sayang-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Sholawat serta salam selalu tercurah kepada tauladan sepanjang masa, Nabi Muhammad SAW, beserta para keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang senantiasa istiqomah dalam sunnahnya hingga akhir jaman.

Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat memperoleh gelar Sarjana Farmasi pada Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman, dengan judul “Identifikasi Golongan Metabolit Sekunder dan Antioksidan Ekstrak Daun Brotowali (Tinospora tuberculata Beumee)”.

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa begitu banyak pihak yang telah turut membantu dalam penyelesaian skripsi ini. Melalui kesempatan ini, dengan segala kerendahan hati, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Bapak Dr. Laode Rijai, M.Si., Drs selaku Ketua Fakultas Farmasi Univesitas Mulawarman sekaligus sebagai Pembimbing Utama, yang telah bersedia meluangkan waktu dan membimbing penulis sehingga mampu menyelesaikan skripsi ini dengan baik.

2. Bapak Herman, S.Si., M.Si selaku Pembantu Ketua II sekaligus Pembimbing Pendamping, yang telah banyak memberikan motivasi dan dukungan selama penulis menjadi mahasiswa di Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman, terlebih lagi dalam proses penyusunan skripsi ini.

3. Bapak Arsyik Ibrahim, S.Si., M.Si., Apt selaku Pembantu Ketua I, yang telah banyak memberikan saran dan masukan yang membangun sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini hingga akhir.

4. Bapak Hadi Kuncoro, S.Farm., Apt., M.Farm selaku Pembantu Ketua III, yang juga telah memberikan begitu banyak saran untuk menyempurnakan skripsi ini.

5. Bapak Fajar Prasetya S.Farm., M.Si., Apt, Ibu Yurika Sastyarina S.Farm., M.Farm., Apt, Ibu Victoria Yulita S.Farm., M.Klin., Apt, Ibu Aditya Fridayanti S.Farm., M.Farm., Apt, beserta seluruh staf pengajar yang telah mendidik penulis selama menjadi mahasiswa di Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman.

6. Laboran-laboran dan teman-teman asisten laboratorium Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman atas segala ilmu dan diskusi-diskusi yang telah banyak membantu dan membersamai penulis selama menempuh pendidikan di Farmasi.

7. Staf administrasi, keuangan, dan perpustakaan Fakultas Farmasi yang telah banyak memberikan bantuan dan kemudahan-kemudahan administrasi.

8. Ayahanda Kusa Indra Yanto dan ibunda Enny Zulaicha tercinta, terima kasih yang tak terhingga atas doa, semangat, kasih sayang, pengorbanan, dan ketulusannya dalam mendampingi penulis. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho-Nya kepada keduanya. Serta kepada kak Andy Kusuma, Atsaal, dan Calista.. keponakan-keponakan yang selalu mampu menjadi tempat beristirahat dan melepas penat yang luar biasa.

9. Jazzakillah khoiran katsiran kepada “keluarga kecil tercinta”, ukhti Jumaeni untuk bantuan abstrak english nya, Miftah untuk pinjaman laptop dan cemilan-cemilan yang selalu tersedia di rumah, si “adek kecil” Yusi yang setia menemani bergadang (walaupun dengan tugas masing-masing), nganterin ke lab, dan teman diskusi yang menyenangkan saat-saat larut malam, dan juga si bungsu Tini yang selalu bisa menciptakan senyum di tengah-tengah proses “penat” dalam pengerjaan skripsi ini. Keluarga yang selalu mensuport dan memberikan “warma” yang indah dalam perjalanan akhir masa perkuliahan. Fashtabiqul khoirot.. Semoga Allah SWT selalu memberikan keistiqomahan kepada kita semua hingga akhir nanti.

10. Untuk Mba Kiki tersayang, syukron atas kebersamaan selama 4 tahun yang begitu “berwarna”, Mba Hajrah, atas diskusi-diskusi yang selalu bisa membangkitkan semangat untuk optimis menata masa depan, Mba Sumarni, untuk bantuannya dalam analisis BNJD, Rine dan teman-teman yang telah begitu sering saya repotkan selama proses pengerjaan skripsi dan penelitian, terima kasih banyak atas bantuannya. Ilmu-ilmu yang kalian berikan Insya Allah akan selalu bermanfaat.

11. Saudari-saudari seperjuangan di berbagai kepanitian maupun organisasi, khususnya kepada para mujahidah di KMM Ibnu Sina Farmasi, KMM Asy-Syifaa FK, dan SKM Al-Kautsar FKM, serta PUSDIMA UNMUL. Jazzakillah khoir atas begitu banyak hal berharga yang sudah sama-sama kita lewati selama ini. Begitu banyak pelajaran dan berkah dari pertemuan kita, istiqomah, dan semoga ukhuwah ini akan senantiasa kokoh hingga pertemuan kita kelak di surga-Nya.

12. Saudari-saudari dalam “lingkaran kecil Illahi”, yang selalu memberikan keceriaan, doa, senyuman, dan kekuatan dalam bingkai ukhuwah. Kalian adalah sahabat-sahabat luar biasa, ana ukhibukki fillah, sukses selalu dalam mengejar mimpi kita masing-masing.

13. Teman-teman Farmasi B’07, terima kasih untuk kebersamaannya selama ini dalam perjuangan kita menggapai impian sebagai seorang farmasis. Apa yang terjadi selama 4 tahun perkuliahan akan selalu menjadi pengalaman yang dikenang.

14. Dan kepada pihak-pihak lain yang telah begitu banyak membantu namun tidak dapat disebutkan satu persatu.

Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan berkah dan rahmat-Nya bagi kita semua, terima kasih untuk bantuannya selama ini, semoga juga dapat menjadi amal ibadah di hadapan-Nya. Amin.

Penulis menyadari bahwa masih banyak terdapat kesalahan dalam penyusunan skripsi ini, oleh sebab itu kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan guna perbaikan di kemudian hari.

Akhir kata, semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang kefarmasian.

Wassalamu’alaikum Wr Wb


“Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan..” 
(QS. Al-Alaq :1) 


“Katakanlah, sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)” 
(QS. Al-Kahfi : 109) 


Begitu besar nikmat ilmu yang telah Allah SWT berikan kepada manusia, sehingga tak akan pernah cukup masa hidup kita untuk mempelajari keajaiban ilmu-ilmu tersebut. 


Skripsi ini saya persembahkan kepada agama ini, bangsa ini, keluarga, dan orang-orang yang istiqomah menegakkan Dienullah serta senantiasa mengkaji ilmu pengetahuan demi perbaikan, yakinlah bahwa setiap tetes peluh dan air mata akan bernilai pahala dan manfaat.. 


“Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat” 
(QS. Al-Mujadillah : 11) 


“Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong agama Allah, maka Allah akan menolongmu dan meneguhkan kedudukan..” (QS. Muhammad : 7)


Samarinda, September 2011



5 komentar:

  1. mbaaaa liiiii,.
    ana baru tau nama kami tertulis d TA mba liiii,.
    :)
    *terharu.com

    smg Allah mngekalkan ikatan ukhuwah ini hingga ke jannahNYA kelak mba,.
    aamiin,.
    always loving n missing u mba,.
    *ga ada teman begadang (ketika mengetik post ini pun, semuanya sdh terlelap) ^_^

    BalasHapus
  2. yusi : wah mba baru baca komen mu :)
    haha, jangan keseringan begadang lagi ah.. tidur cepat itu nikmat ^^b

    BalasHapus
  3. muti : hai muti, gimana kabar kpsdm pusdima? hehe.. ^^

    BalasHapus